Efek Blog

Thursday 15 May 2014

Apa itu AGE's ?

A G E ' s

Merupakan singkatan dari Advanced Glycation End Product, adalah hasil dari rantai reaksi kimiaglikasi (glikasi adalah ikatan glukosa kemolekul protein atau lemak tanpa melalui proses pengendalian enzim). AGEs berasal dari dua sumber yaitu makanan yang kita makan dan produksi internal dalam tubuh. Jika kita makan makanan dengan kadar gula tinggi (Glycemic index / indeks Glikasi yang tinggi), maka indikasi ini mungkin muncul. Hampir semua gula darah kita memberikan energi yang dibutuhkan tubuh kita. Namun demikian, sejumlah kecil gula darah kita terglikasi untuk membentuk Advanced Glycation End-product (AGEs).

Ages juga bisa diproduksi dari hasil non enzimatik, yaitu Metabolik (Metabolik Pathway). Hal ini dimulai dari Hiperglikemia dimana glukosa dapat bereaksi dengan asam amino bebas dan membentuk AGEs. Peningkatan AGEs dalam darah akan merusak sel karena mengganggu struktur protein intraseluler dan ekstrasel seperti kolagen. Dalam jangka panjang, penimbunan ini akan merusak membrane basalis dan mesanginum yang akhirnya akan merusak glomerulus (Ginjal).


Beberapa penyakit berat bisa muncul akibat Advanced Glycation End-product (AGEs) : Kanker, penyakit Alzheimer, Penyakit jantung, Tipe-II diabetes, Aterosklerosis, tekanan darah tinggi, gangguan ginjal, gangguan visual, Stroke, gangguan kulit.


Belakangan ini, pengukuran AGEs banyak digunakan sebagai medical marker untuk melihat kondisi pasien secara keseluruhan, apakah dibutuhkan tindakan perawatan yang lebih intensif. Banyak ahli cardiovaskular mengukur tingkat AGEs di dalam tubuh karena dari banyak penelitian ditemukan korelasi yang signifi kan antara angka AGEs tinggi terhadap pasien jantung koroner. Sel - sel endotelium dari pembuluh darah mengalami kerusakan langsung oleh proses glikasi yaitu dengan terjadinyaaterosklerosis. Plak aterosklerotik cenderung menumpuk di daerah aliran darah tinggi (seperti pintu masuk ke arteri koroner) karena daerah ini merupakan area berkumpulnya molekul gula dan AGEs. Plak yang terbentuk hasil glikasi membuat kolagen berkurang dan membuat di dinding pembuluh darah menjadi kaku hal inilah yang menyebabkan tekanan darah tinggi. Glycations juga menyebabkan melemahnya kolagen dalam dinding pembuluh darah, yang dapat menyebabkan mikro-makro atau-aneurisms, ini dapat menyebabkan stroke jika dalam otak

Iridoid adalah kompenen bioaktif yang mampu melawan AGEs. 

Ratusan penelitian tentang Iridoid bisa ditemukan pada jurnal dan publikasi ilmiah, kebanyakan dari penelitian itu mengungkapkan bahwa Iridoids ini sudah dipelajari selama bertahun-tahun untuk berbagai macam masalah kesehatan, termasuk di antaranya masalah jantung dan pembuluh darah, stabilitas kolesterol LDL dan HDL, triglycerides, fungsi imunitas, kesehatan sendi/oesteoarthritis, menopouse, kemampuan atletis, energi, kesehatan DNA, diabetes, antioksidan/anti radikal bebas, kualitas hidup dan kesehatan secara menyeluruh.

Pada tanaman buah, Iridoid paling banyak ditemukan pada buah Morinda Citrifolia (noni). Berdasarkan hasil penelitian oleh para peneliti morinda, dari lebih 150 jenis phytochemical, Iridoid terhitung hampir 73 % terkandung didalamnya. Penelitian yang di lakukan oleh Dr. De Lu Ma dari China yang menunjukkan bagaimana Maxidoid, salah satu produk inovatif dari Morinda Bioactives, mampu membantumengendalikan kadar gula darah pada pasien Diebetes Melitus Type II dengan hasil yang sangat signifi kan.

Iridoid mampu menghambat pembentukan AGEs sekaligus menjaga AGEs yang sudah terlanjur terbentuk untuk bisa hidrolisasi menjadi bentuk yang mudah dikeluarkan oleh tubuh. 

Sekarang ini, di pasaran belum ada sebuah produk yang dapat mengurangi AGES’s dan banyak perusahaan farmasi berlomba lomba untuk mengatasi hal ini. Beberapa obat-obatan masih dalam tahap pembuatan dan hasilnya masih belum menentu.

Ada cara paling baik untuk menghindari pembentukan dari AGEs ini, yaitu dengan mengonsumsi makanan yang tinggi akan Iridoid seperti Cornelian Cherry, Blueberry, Olive, Noni.
Morinda Bioactives telah memilih bahan-bahan alam, untuk dijadikan produk minuman yang sangat praktis untuk dikonsumsi yaitu Maxidoid.




  


http://khasiattahitiannonijuice.blogspot.com/search/label/Join%20Bisnis%20And%20Member

0 Comments
Komentar

No comments:

Post a Comment