Efek Blog

Friday 9 May 2014

Pengobatan Alternatif Asam Urat (Gout)

Asam urat (Gout) adalah zat hasil metabolisme purin dalam tubuh. Zat asam urat ini biasanya akan dikuluarkan oleh ginjal melalui urine dalam kondisi normal. Namun dalam kondisi tertentu, ginjal tidak mampu mengeluarkan zat asam urat secara seimbang sehingga terjadi kelebihan dalam darah. Kelebihan zat asam urat ini akhirnya menumpuk dan tertimbun pada persendian-persendian dan tempat-lainnya termasuk di ginjal itu sendiri dalam bentuk kristal-kristal.

Penyakit asam urat di sebabkan tingginya kadar asam urat dalam darah akibat gangguan metabolisme protein purin. Asam urat memiliki tanda-tanda mirip artritis, yakni nyeri sendi, terutama di jempol kaki, yang kemudian merambat ke persendian kaki. Umumnya orang yang berusia 35 tahun ke atas rawan terkena penyakit ini.

Gejala Asam Urat (Urid Acid)

Sering kita mengalami nyeri pada persendian dan hampir selalu dikatakan bahwa sedang menderita asam urat, namun apakah benar bahwa rasa nyeri yang Anda alami adalah karena asam urat? Apa sih gejala asam urat yang sangat sakit dan sangat menyiksa ini? Darimana asalnya?

Penyakit asam urat biasanya ditandai dengan linu dengan kesemutan, nyeri terutama pada malam hari atau pagi hari saat bangun tidur, sendi yang terkena asam urat terlihat bengkak, panas, kemerahan dan nyeri luar biasa pada malam dan pagi.

Gejala asam urat lainnya :
  1. Badan sering merasa kecapean dan pegal-pegal,
  2. Linu yang sangat parah dan kesemutan,
  3. Nyeri ppada persendia lutut, otot, pinggang, punggung, pinggul, pundak dan bahu sendi yang terkena asam urat akan terlihat bengkak, kemerahan, panas dan nyeri luar biasa pada saat malam dan pagi,
  4. Sering buang air kecil terutama pada malam hari dan pagi hari.
  5. Jika asam urat juga mnyerang pada daerah ginjal maka akan memicu terjadinya kencing batu sehingga menderita kesulitan untuk buang air kecil.
Gout merupakan sisa metabolisme zat-zat purin dalam makanan. Pada setiap orang berbeda-beda. Ada yang bertahun-tahun sama sekali tidak muncul gejala, tetapi ada yang muncul gejalanya di usia 20 tahun, 30 tahun, atau 40 tahun.

Tahapan penyakit Asam Urat atau Gout :
- Tahap Asimtomatik
Tahap ini merupakan tahap stadium awal. Kadar asam urat darah meningkat tapi tidak menimbulkan gejala. Selanjutnya encok menyebabkan tekanan darah tinggi atau sakit punggung sakit berat.
- Tahap Akut
  • Serangan akut pertama datang tiba-tiba dan cepat memuncak. Umumnya serangan pertama kali terjadi pada tengah malam atau menjelang pagi. Serangan itu berupa rasa nyeri yang hebat pada pangkal ibu jari kaki. Rasa nyeri ini timbul secara mendadak dan didahului oleh keluhan lain. Rasa nyeri ini begitu hebat sehingga bila bagian yang sakit bila tersentuh bahkan selimut saja sakit sekali.Rasa nyeri tersebut mencapai puncaknya dalam waktu 24 jam dan perlahan-lahan akan sembuh spontan dan menghilang dengan sendirinya dalam waktu dua minggu.

- Tahap Interkritikal
  • Penderita dapat kembali bergerak normal serta melakukan berbagai aktivitas seperti olahraga tanopa rasa sakit sama sekali. Kalau rasa nyeri pada serangan pertama itu hilang bukan bererti penyakit itu sembuh total, biasanya beberapa tahun kemudian akan ada serangan kedua.

- Tahap Kronik
  • Terjadi bila penyakit diabaikan sehingga menjadi akut.

Penyebab Asam Urat

Faktor resiko akibat timbulnya penyakit asam urat adalah pola makan, kegemukan dan suku bangsa. Prevalensi orang Maori di Australia terserang penyakit asam urat tinggi sekali, sedangkan di Indonesia prevalensi tertinggi pada penduduk pantai dan yang paling tinggi di daerah Manado-Minahasa karena kebiasaan atau pola makan ikan dan mengkonsumsi alkohol. Karena alkohol dapat menyebabkan pembuangan asam urat lewat urine berkurang sehingga asam uratnya tetap bertahan di dalam darah.

Untuk lebih detailnya, penyakit Asam Urat digolongkan menjadi :

- Penyakit Gout Primer

Penyebabnya belum diketahui secara pasti. Diduga berkaitan dengan kombinasi faktor genetik/keturunan dan faktor hormonal yang menyebabkan gangguan metabolisme yang dapat mengakibatkan meningkatnya produksi asam urat atau bisa juga diakibatkan karena berkurangnya pengeluaran asam urat dari tubuh.

- Penyakit Gout Sekunder

Disebabkan meningkatnya produksi asam urat karena nutrisi, yaitu mengonsumsi makanan dengan kadar purin yang tinggi. Purin adalah salah satu senyawa basa organik yang menyusun asam nukleat asam inti dari sel dan termasuk dalam kelompok asam amino, unsur pembentuk protein.

Jadi, asupan yang masuk ke tubuh mempengaruhi kadar asam urat dalam darah. Makanan yang mengandung zat purin yang tinggi akan diubah menjadi asam urat.

Cara Mengatasi Penyakit Asam Urat
  • Melakukan pengobatan hingga kadar asam urat kembali normal. Kadar normalnya adalah 2.4 hingga 6 untuk wanita dan 3.0 hingga 7 untuk pria.
  • Kontrol makanan yang dikonsumsi.
  • Banyak minum air putih.
  • Makanan yang Dihindari (mengandung banyak purin).
  • Lauk pauk seperti jeroan, hati, ginjal, limpa, babat, usus, paru dan otak..
  • Makanan laut seperti udang, kerang, cumi, kepiting.
  • Makanan kaleng seperi kornet dan sarden.
  • Daging, telur, kaldu atau kuah daging yang kental.
  • Kacang-kacangan seperti kacang kedelai (termasuk hasil olahannya seperti tempe, tauco, oncom, susu kedelai), kacang tanah, kacang hijau.
Ada beberapa cara agar Anda dapat terhindar dari risiko terkena asam urat. Berikut beberapa di antaranya:
  1. Menerapkan pola makan sehat seimbang dengan memilih karbohidrat kompleks (buah, sayuran, beras merah), protein tanpa lemak (tahu), dan lemak esensial yang sehat.
  2. Kenali makanan rendah purin. Pisang, seleda, peterseli, kol merah, kubis, paprika mesh, dan buah asam termasuk makanan yang baik untuk pasien gout. Sayuran seperti bayam, asparagus, jamur, kacang polong, dan kembang kol mengandung purin dalam kadar sedang sehingga tidak terlalu memengaruhi kadar asam urat dalam darah.
  3. Konsumsi makanan yang memiliki zat penurun asam urat dan mengurangi peradangan, seperti buah beri (bluberi, stroberi), tahu, dan minyak zaitun. Bawang putih sering disebut herbal ajaib karena dapat membantu menangani berbagai penyakit dan bermanfaat dalam banyak fungsi tubuh.
  4. Minum teh dan kopi. Menurut penelitian dari Boston University dan Harvard Medical School, minum 2-4 cangkir teh dapat menurunkan risiko gout pada perempuan sekitar 22 persen.
  5. Manfaatkan herbal alami.
  6. Banyak minum air putih. Minum delapan gelas sehari atau ditambah jus buah segar (tomat, jeruk, nanas, dan lain-lain).
  7. Olahraga teratur
  8. Kurangi berat badan jika berlebihan.
  9. Hindari makanan tinggi purin, seperti ikan teri jengki, sarden, ikan hering, ragi jeroan (ginjal, hati, paru, babat, iso), kacang goreng, ekstrak daging, dan lain-lain, juga bir dan minuman beralkohol.
Beberapa hal berikut dianjurkan untuk mengurangi asam urat :
  • Jangan minum aspirin ( bila membutuhkan obat pengurang sakit, pilih jenis ibuprofen dan lainnya )
  • Perbanyak minum air putih– terutama bagi penderita yang mengidap batu ginjal– untuk mengeluarkan kristal asam urat di tubuh.
  1. Makan makanan yang mengandung potasium tinggi seperti:
  2. Sayuran dan buah-buahan
  3. Kentang
  4. Alpukat
  5. Susu dan yogurt
  6. Pisang
  • Makan buah-buahan kaya vitamin C, terutama jeruk dan strawberry
  • Aktif secara seksual (Berita bagus ! Seks ternyata memperlancar produksi urin sehingga menurunkan kadar asam urat).
Pengobatan Herbal Alami Asam Urat

Tahitian Noni adalah cara paling ampuh, mudah, aman dan cepat untuk menyembuhkan Asam Urat sampai tuntas. Tahitian Noni Bioactives Beveragesyang terbukti khasiatnya tanpa efek samping. Perlu diketahui bahwa masing-masing orang memiliki sensitivitas yang berbeda terhadap makanan. Makanan yang sangat cepat menimbulkan serangan asam urat pada satu orang belum tentu menimbulkan efek yang sama pada yang lainnya.

Kandungan PROXERONINE dan XERONINE yang sangat penting untuk tubuh dapat membantu menyembuhkan Asam urat. Tahitian Noni Bioactive beverage merupakan produk herbal yang sudah diakui dunia.

Rasakan dan buktikan manfaat Tahitian Noni Bioactives Beverages yang tidak hanya mencegah tapi dapat juga menyembuhkan dan membersihkan penyakit.

Takaran konsumsi :
  • 3-4 x 60 ml / hari
  • 60 ml = 6 sendok makan
Tergantung seberapa parah tingkat serangan penyakit. Dalam beberapa pasien yang penyakitnya sudah terlalu berlebihan sepanjang hari minum 30ml tiap 1 jam sampai sembuh, kemudian menggunakan takaran seperti diatas.

  

  

http://khasiattahitiannonijuice.blogspot.com/search/label/Join%20Bisnis%20And%20Member
0 Comments
Komentar

No comments:

Post a Comment