Efek Blog

Saturday 7 June 2014

Pengobatan Alternatif Fibroadenoma Mammae (FAM) Tanpa Operasi

FAM merupakan suau kelainan pada payudara. FAM / Fibroadenoma adalah suatu tumor jinak yang merupakan pertumbuhan yang meliputi kelenjar dan stroma jaringan ikat.

Fibroadenoma mammae adalah tumor jinak pada payudara yang bersimpai jelas, berbatas jelas, soliter, berbentuk benjolan yang dapat digerakkan.

Insidensi Fam

Fibroadenoma mammae biasanya terjadi pada wanita usia muda, yaitu pada usia sekitar remaja atau sekitar 20 tahun. Berdasarkan laporan dari NSW Breats Cancer Institute, fibroadenoma umumnya terjadi pada wanita dengan usia 21-25 tahun, kurang dari 5% terjadi pada usia di atas 50, sedangkan prevalensinya lebih dari 9% populasi wanita terkena fibroadenoma. Sedangkan laporan dari Western Breast Services Alliance, fibroadenoma terjadi pada wanita dengan umur antara 15 dan 25 tahun, dan lebih dari satu dari enam (15%) wanita mengalami fibroadenoma dalam hidupnya. Namun, kejadian fibroadenoma dapat terjadi pula wanita dengan usia yang lebih tua atau bahkan setelah menopause, tentunya dengan jumlah kejadian yang lebih kecil disbanding pada usia muda.

Patofisiologi FAM

Fibroadenoma merupakan tumor jinak payudara yang sering ditemukan pada masa reproduksi yang disebabkan oelh beberapa kemungkinan yaitu akibat sensitivitas jaringan setempat yang berlebihan terhadap estrogen sehingga kelainan ini sering digolongkan dalam mamary displasia.

Fibroadenoma biasanya ditemukan pada kuadran luar atas, merupakan lobus yang berbatas jelas, mudah digerakkan dari jaringan di sekitarnya. Pada gambaran histologis menunjukkan stroma dengan proliferasi fibroblast yang mengelilingi kelenjar dan rongga kistik yang dilapisi epitel dengan bentuk dan ukuran yang berbeda. Pembagian fibroadenoma berdasarkan histologik yaitu :
  1. Fibroadenoma Pericanaliculare - Kelenjar berbentuk bulat dan lonjong dilapisi epitel selapis atau beberapa lapis.
  2. Fibroadenoma Intracanaliculare - Jaringan ikat mengalami proliferasi lebih banyak sehingga kelenjar berbentuk panjang-panjang (tidak teratur) dengan lumen yang sempit atau menghilang.
Pada saat menjelang haid dan kehamilan tampak pembesaran sedikit dan pada saat menopause terjadi regresi.

Penyebab FAM

- Peningkatan aktivitas Estrogen yang absolut atau relatif.
- Genetik : payudara.
- Faktor-faktor predisposisi :
  1. Usia : > 30 tahun.
  2. Jenis kelamin.
  3. Geografi.
  4. Pekerjaan.
  5. Hereditas.
  6. Diet.
  7. Stress
  8. Lesi prekanker.
Tanda dan Gejala FAM

Secara makroskopik : tumor bersimpai, berwarna putih keabu-abuan, pada penampang tampak jaringan ikat berwarna putih, kenyal.

- Ada bagian yang menonjol ke permukaan.
- Ada penekanan pada jaringan sekitar.
- Ada batas yang tegas.
- Bila diameter mencapai 10 – 15 cm muncul Fibroadenoma raksasa ( Giant Fibroadenoma ).
- Memiliki kapsul dan soliter.
- Benjolan dapat digerakkan
- Sifat benjolan pada tumor jinak payudara (FAM) adalah :

Biasanya berbentuk bulat menyerupai kelereng, jika bentuk tidak beraturan maka dicurigai tumor ganas, konsistensi (kekerasan pada benjolan) kenyal seperti bakso karena berisi lemak, jadi jika benjolan di tekan maka lembeknya seperti kita menekan bakso, jika keras seperti batu di curigai tumor ganas

Benjolan bersifat mobile, artinya benjolan itu dengan mudah kita gerakkan (tidak menempel dengan kuat), jika benjolan itu tidak mobile (sulit digerakkan) dicurigai benjolan itu bersifat ganas karena biasanya benjolan itu sudah berakar ke dalam jaringan payudara.

Benjolan dapat muncul di seluruh payudara namun lebih sering pada 1/3 bagian luar atas jaringan payudara atau dekat ketiak, dan di sekitar puting susu. Sel tumor tidak menyebar atau tidak berpindah ke bagian lain pada tubuh manusia.

- Pertumbuhannya lambat.
- Mudah diangkat dengan lokal surgery.
- Bila segera ditangani tidak menyebabkan kematian.

Pencegahan deteksi sini
  • Mengetahui Faktor-faktor dan Rresiko.
  • Pemeriksaan payudara sendiri.
  • Pemeriksaan klinik.
  • Mammografi.
  • Melaporkan tanda dan gejala pada sumber/ahli untuk mendapat perawatan.
Pemeriksaan Diagnostik FAM
  • Biopsi.
  • Pembedahan.
  • Hormonal.
  • PET ( Positron Emision Tomografi ).
  • Mammografi.
  • Angiografi.
  • MRI.
  • CT – Scan.
  • Foto Rontqen ( x – ray ).
  • Blood Study
Pertanyaan...??

 1. Apakah FAM itu tumor?

Secara umum FAM itu adalah tumor yang berarti benjolan seperti halnya dengan benjol di kepala karena terantuk yang juga disebut tumor. Namun secara onkologi (cabang ilmu kedokteran yang mempelajari perihal kanker), tumor adalah neoplasma atau suatu pertumbuhan baru yang liar, menembus jaringan sekitarnya malah dapat menyebar ke aliran darah.. Bedakan dengan kuku ataupun rambut yang juga tumbuh, teratur sesuai dengan jalurnya.

Dalam hal ini FAM bukanlah neoplasma tetapi merupakan penyimpangan atau kelainan dalam perkembangan payudara.

2. Apakah perlu operasi?


Bila sudah pasti FAM maka operasi tidak diperlukan hanya saja untuk memastikannya memang diperlukan untuk memastikannya.

3. Kenapa FAM masih tumbuh bila sudah operasi?

FAM adalah penyimpangan dari perkembangan payudara jadi selama itu ia masih bisa tumbuh. Operasi hanya untuk memastikan diagnosa dan bukan untuk menyembuhkan.

4. Bila sudah operasi dan hasilnya FAM, bila tumbuh lagi apakah perlu operasi?

Memang sebaiknya begitu

5. Apakah bisa dipastikan tanpa operasi misalnya dengan USG?

USG hanya bisa membedakan apakah tumor itu padat atau berisi cairan. Untuk memastikannya diperlukan pemeriksaan jaringan yang dilakukan oleh dokter ahli patologi.

6. Bagaimanakah pencegahannya?

FAM tidak bisa dicegah karena ia berhubungan dengan pertumbuhan payudara.

7. Adakah makanan yang tidak boleh dimakan?

Semua makanan bebas untuk dimakan asal jangan berkelebihan.

8. Apakah FAM bisa menjadi kanker payudara?

Kanker adalah neoplasma (pertumbuhan baru yang liar) yang bersifat ganas karena dapat menyebar melalui darah. FAM adalah penyimpangan dari pertumbuhan normal payudara. Karena itu FAM tidak akan berubah sifat menjadi kanker. Namun kanker dapat tumbuh dimana saja termasuk di sekitar FAM. Karena itu pula kita harus yakin bahwa tumor itu adalah FAM.

9. Apakah ada bakat keturunan?

Tidak. FAM bukan penyakit yang diturunkan. Hanya karena sama-sama (ibu dan anak) mengalami pertumbuhan payudara maka ibu seperti halnya dengan anak perempaunnya dapat menderita FAM.

10. Kalau tidak bisa maka dicegah apa yang harus dikerjakan?

Waspada. Periksalah payudara secara berkala setiap bulan dan apabila ada kelainan segera periksakan ke dokter.

Pengobatan Medis (Konvensional)


Melakukan Tindakan Operasi.

Pengobatan Naturopati Dan Therapy FAM dengan Tahitian Noni Juice

Tahitian Noni Juice Tanpa operasi mampu meregenerasi sel- sel jaringan yang rusak dan akan segera diperbaiki.

Menurut Dr Amarullah PhD kemampuan Tahitian Noni Juice dalam menormalkan fungsi sel yang dapat menekan pertumbuhan kanker pada tubuh, menjadikan jus noni asal Tahiti ini meraih Top 10 Cancer Treatment dan the American Association for Cancer Research.

Salah satu cara antisipatif yang paling efektif adalah dengan mengonsumsi Tahitian Noni Juice. Jus ini kaya akan kandungan proxeronin dan antioksidan yang terbukti mampu memproteksi radikal bebas serta meningkatkan metabolisme tubuh. Selain mampu menormalkan fungsi sel dan meregenerasikan sel dengan baik, kandungan bioaktif (damnacanthal dan anthraquinone) pada jus noni juga mampu membunuh sel kanker serta menghentikan penyebarannya.

Mau bebas dari kanker? Minum Tahitian Noni Juice secara berkala merupakan tindakan preventif yang bijaksana.

Takaran Konsumsi Untuk FAM
  • 8 x 60 ml/ hari diminum dengan interval waktu 2 jam selama 10 hari.
  • Dilanjutkan 8x 30 ml/ hari dengan interval waktu 2 jam

  

  

http://khasiattahitiannonijuice.blogspot.com/search/label/Join%20Bisnis%20And%20Member

2 comments:

  1. sya ingin menanyakan, aturan minum tahitian noni utk penyakit FAM itu sebaiknya d minum setelah makan atau sebelumnya?
    Thanks

    ReplyDelete
  2. sangat membantu pembahasannya mengenai pengertian FAM, terimakasih banyak infonya

    ReplyDelete