Efek Blog

Sunday 1 June 2014

Jenis Makanan Untuk Penderita ASAM URAT

Jenis makanan yang harus dihindari oleh penderita asam urat

Makanan yang termasuk kategori ini yaitu makanan kaleng, daging, telur, kaldu, kacang-kacangan (melinjo, emping kacang tanah, kacang hijau, kacang kedelai termasuk olahannya, tauge), lauk pauk (hati, ginjal, babat, usus, paru, otak), makanan laut (cumi, kepiting udang, kerang), sayuran (kangkung, daun bayam, daun singkong, asparagus, kembang kol, buncis), buah-buahan (durian, alpukat, nanas) minuman dan makanan beralkohol (bir, wiski, anggur, tape, tuak). 


Selain itu, perbanyaklah meminum air putih agar metabolisme tubuh menjadi lancar sehingga membantu dalam pengeluaran purin dalam tubuh.

Sebaiknya penderita asam urat membatasi konsumsi makan yang banyak mengandung purin, walaupun telah menjalani pengobatan, dan dianjurkan banyak minum air putih untuk membantu membuang purin yang ada dalam tubuh. 

Bagi tubuh yang normal kadar asam urat normal :
  • Untuk perempuan adalah 2.4 – 6.0.
  • Untuk laki-laki 3.0 – 7.0.
Jenis makanan yang boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat

Makanan yang boleh dikonsumsi dalam jumlah sedikit antara lain :
  1. Tahu dan tempe.
  2. Ikan, daging kambing, daging ayam, daging sapi.
  3. Beberapa jenis sayuran tertentu seperti kangkung, bayam, brokoli, dan tauge, daun pepaya, asparagus, kacang-kacangan, jamur.
  4. Makanan berlemak seperti santan, margarine, mentega, atau goreng-gorengan. Lemak dapat menghambat pengeluaran asam urat lewat urin.
Jenis makanan yang boleh dikonsumsi Lebih banyak antara lain :
  1. Air Putih: Bagi penderita asam urat konsumsilah air putih setidaknya dua hingga tiga liter setiap harinya, air putih dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Air putih dapat membantu dalam membersihkan sistem jaringan di dalam tubuh dari racun, termasuk penyakit asam urat. Selain itu manfaat minum lebih banyak cairan akan membantu tubuh Anda menyingkirkan kadar asam urat yang berlebih.
  2. Kopi tanpa Caffein : Bagi kaum pria Kopi merupakan minuman yang digemari oleh hampir sebagian besar orang di Indonesia karena rasanya nikmat. Tidak hanya itu rasanya yang nikmat, kopi juga baik untuk orang yang menderita penyakit asam urat. Minumlah kopi tanpa kafein, hal tersebut tidak akan meningkatkan kadar asam urat.
  3. Keju, susu, telur.
  4. Makanan sumber karbohidrat seperti beras, kentang, singkong, terigu, tapioka, hunkwe, makaroni, mi, bihun, roti, dan biskuit. Tetapi, karbohidrat sederhana golongan fruktosa seperti gula, permen, arum manis, gulali, dan sirop sebaiknya dihindari karena fruktosa dapat meningkatkan kadar asam urat.
  5. Buah-buahan seperti semangka, melon, nanas, belimbing manis, dan jambu air. Pisang. Buah Pisang merupakan buah yang mengandung potasium. Setiap diet sehat asam urat yang baik harus mengonsumsi kandungan natrium yang terdapat di dalam pisang, termasuk sodium. Selain itu, kandungan sodium di dalam buah pisang sangat baik membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah.
  6. Buah-buahan lain juga boleh dimakan kecuali durian dan alpukat.
Selain itu penderita asam urat dianjurkan untuk banyak minum, minimal 2 liter atau 10 gelas sehari, yang bertujuan untuk membantu pengeluaran asam urat lewat air seni dan mencegah penumpukan asam urat di ginjal atau kandung kemih. Air minum ini bisa berupa air putih masak, teh, atau kopi

Untuk menghindari komplikasi akibat obat medis pada organ tubuh lain seperti ginjal dan hati (hepar), maka dampingi dengan Tahitian Noni Bioactive Beverage dan berkonsultasilah dengan kami.



  

  

http://khasiattahitiannonijuice.blogspot.com/search/label/Join%20Bisnis%20And%20Member
0 Comments
Komentar

No comments:

Post a Comment