Efek Blog

Sunday 1 June 2014

Pantangan jenis makanan untuk Penderita Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi)

Jenis makanan yang harus dihindari Penderita Hipertensi (Darah Tinggi)
Orang yang mengidap tekanan darah tinggi atau hipertensi, perlu membatasi makanan yang mengandung sodium (Na) yang banyak terdapat pada garam. Beberapa zat makanan yang menjadi pantangan karena dapat meningkatkan tekanan darah.
Pertama pantangan makanan untuk penderita darah tinggi adalah MAKANAN BERLEMAK. Hal ini dapat membahayakan karena dapat mengakibatkan darah menjadi lengket dengan dinding pembuluh darah, sehingga darah akan menjadi lebih mudah untuk menggumpal. Makanan yang mengandung lemak jahat. Seperti ; keju, minyak sayur, ayam goreng, kentang goreng, hot dog, sosis, hamburger, pizza, susu, dan lain- lain. Dan hampir semua makanan siap saja  seperti yang sudah dijelaskan mengandung lemak jenuh yang dapat mengakibatkan tekanan darah tinggi mengalami peningkatan dan menyebabkan penyakit jantung pada penderitanya.
Selain itu, beberapa makanan tersebut ini, harus dihindari :
a. Mie instan 
Mudah untuk membuatnya dan rasanya nikmat. Tetapi sebungkus mie instan mengandung 14 gram lemak dan 1,580 sodium

b. Margarin
Bagi orang penderita penyakit darah tinggi, mereka harus memastikan bahwa margarin tak mengandung lemak jenuh, bacalah kemasannya guna memastikannya

c. Susu tinggi lemak :
Merupakan sumber kalsium, tetapi tinggi lemak. Dalam segelas susu terkandung 8 gram lemak dan 5 gram lemak jenuh. Lemak jenuh tak baik bagi pengidap liver dan berbahaya bagi orang yang memiliki tekanan darah tinggi. 

d. Acar/ saus tomat
Makanan ini memang rendah kalori yang baik untuk tubuh, tetapi memiliki kandungan sodium yang tinggi, 1 buah acar mentimun bisa mengandung 570 mg sodium. Hal itu setara dengan sepertiga dari jumlah maksimumsodium perhari (2300 mg). 
  
Saus tomat kalengan dan jus tomat sarat dengan natrium. Satu cangkir jus tomat bisa mengandung 680 miligram sodium. Satu porsi spaghetti dengan saus bisa mengandung lebih dari 1.300 miligram sodium


 e. Ayam potong goreng 
- Ayam potong goreng mengandung 270 mg sodium dan 4.5 gram lemak Daging burung dan ayam  kampung bisa menjadi alternatif ketimbang daging ayam potong. 

f. Daging asap dan daging Merah seperti daging sapi, daging kambing.









Buah- buahan yang dianjurkan 



0 Comments
Komentar

No comments:

Post a Comment