Efek Blog

Monday 14 July 2014

Pelaksanaan Perawatan Payudara Post Partum (Mammae Care-Breast Feeding Care)

Breast care adalah melakukan tindakan untuk menjaga kebersihan payudara, mempertahankan kekencangan payudara, menjaga kekencangan dan kehalusan kulit payudara, serta menjaga kekencangan otot dada penyangga payudara (Luwia, 2001).

Bagi seorang wanita, payudara adalah organ yang sangat penting bagi kelangsungan perkembangan bayi yang dilahirkannya. Payudara memang secara natural akan mengeluarkan ASI begitu ibu melahirkan. Tetapi bukan berarti seorang ibu tidak perlu merawat payudaranya. Perawatan payudara adalah suatu cara yang dilakukan untuk merawat payudara agar air susu keluar dengan lancar.

Tujuan Breast Care Post PartumUntuk melancarkan sirkulasi darah dan mencegah tersumbatnya saluran susu sehingga memperlancar pengeluaran ASI. Agar tujuan perawatan ini dapat tercapai perlu diperhatikan hal-hal berikut ini :

1. Lakukan perawatan payudara secara teratur

2. Pelihara kebersihan sehari-hari

3. Pemasukan gizi ibu harus lebih baik dan lebih banyak untuk mencukupi produksi ASI

4. Ibu akan percaya diri akan kemampuan menyusui bayinya

5. Ibu merasa nyaman dan santai

Hindari rasa cemas dan stres karena akan menghambat refleks oksitosin (Huliana, 2004).

Pelaksanaan Perawatan Payudara Masa NifasAda beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melaksanakan perawatan payudara pasca persalinan, yaitu :

1). Puting susu dikompres dengan kapas minyak selama 3-4 menit

2). Pengenyalan yaitu : putting susu dipegang dengan ibu jari dan jari telunjuk diputar keluar 20 kali

3). Penonjolan puting susu yaitu : (1). Puting susu cukup ditarik sebanyak 20 kali; (2). Dirangsang dengan menggunakan ujung washlap; (3). Memakai pompa puting susu

4). Pengurutan Payudara : (1). Telapak tangan diberi baby oil kemudian diratakan; (2). Peganglah payudara lalu diurut dari pangkal ke puting susu sebanyak 30 kali; (3). Pijatlah puting susu di daerah areola mammae untuk mengeluarkan kolostrum; (4). Bersihkan payudara dengan air bersih.

Tujuan Perawatan Payudara Pada Masa Nifas
Perawatan payudara pasca persalinan merupakan kelanjutan perawatan payudara semasa hamil, yang mempunyai tujuan sebagai berikut :

1. Untuk menjaga kebersihan payudara sehingga terhindar dari infeksi

2. Untuk mengenyalkan puting susu supaya tidak lecet

3. Untuk menonjolkan puting susu

4. Menjaga bentuk buah dada tetap bagus

5. Untuk mencegah terjadinya penyumbatan

6. Untuk memperbanyak produksi ASI

7. Untuk mengetahui adanya kelainan Pelaksanaan perawatan payudara pasca persalinan dimulai sedini mungkin yaitu 1-2 hari setelah bayi dilahirkan, hal ini dilakukan 2 kali dalam sehari.

Manfaat Perawatan Payudara pada masa Nifas

1. Merangsang kelenjar-kelenjar air susu sehingga produksi ASI banyak dan lancar

2. Dapat mendetaksi kelainan-kelainan payudara secara dini

3. Mempersiapkan mental ibu untuk menyusui.

Untuk memperbanyak produksi ASI, selain melakukan perawatan payudara, bunda juga dapat mengkonsumsi Tahitian Noni Bioactive Beverage, kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu dan baby.
0 Comments
Komentar

No comments:

Post a Comment