Efek Blog

Sunday 27 April 2014

Pengertian Iridoid Dan Khasiat Iridoid Bioactive

Mungkin ada beberapa dari anda yang bingung ketika mendengar kata Iridoid ini. 

Apa Itu IRIDOID ? Apa Manfaat Serta Fungsi Dari Iridoids ?

Iridoid adalah zat bioaktif yang sangat bermanfaat untuk tubuh, Iridoid telah diteliti bersifat adaptogen pada tubuh manusia, yaitu secara tidak spesifik bermanfaat hanya pada satu masalah kesehatan, melainkan beradaptasi terhadap "SELURUH MASALAH KESEHATAN MANUSIA DAN SEMUA MAKHLUK HIDUP".

Iridoid merupakan hasil metabolic ke 2 yang diproduksi oleh tumbuhan sebagai suatu respon terhadap daya tahan terhadap infeksi dan agresi/ ancaman lainnya. Iridoid juga ditemukan pada binatang. Irioid dalam jumlah yang cukup besar ditemukan pada semut. Rumus kimia dari Iridoid adalah cyclopenta-(c)-pyran monoterpenoid dengan rasa yang pahit dan mudah larut dalam air. Lebih dari 800 jenis iridoid sudah ditemukan dan diidentifi kasi, kebanyakan dalam bentuk glikosida dan 80 diantaranya dalam bentuk aglikon. Iridoid juga banyak dikenal sebagai produk intermediate pada biosintesa alkaloid yang bisa terhidrolisasi untuk mengaktifkan metabolisme.

Kekhasan struktur iridoid adalah rangka siklonpentan ( C )- piran, memiliki karbosiklik dasar, dan mengalami pemutusan oksidatif. Struktur ini mempresentasikan kelompok bioaktif monoterpenoid : iridoid glikosida, iridoid sederhana (nonglikosidik), sekoiridoid, dan bisiridoid.

Satu hal yang pasti bahwa iridoid sebagai metabolit sekunder ternyata ada kaitannya dengan banyak bioaktif yang diungkapkan di atas. Para ahli botani memandang istimewa keberadaan iridoid pada tanaman obat, yang diduga berfungsi sebagai perangkat pertahanan alami suatu tanaman terhadap ancaman herbivora atau infeksi mikroorganisme. Wajarlah bila iridoid di dalam noni diyakini berkhasiat bagi manusia, mengingat eksistensinya pada tanaman saja sangat menentukan kelangsungan hidupnya dalam kondisi ekstrim atau terancam.

Iridoid dapat mengatasi berbagai macam penyakit baik penyakit kronis, ringan , berat, atau bahkan penyakit tingkat medium. Sudah banyak yang membuktikan seperti Kanker, HIV, Diabetes, Jantung, Asam Urat, dan lainnya. Begitu juga dengan penyakit tingkat medium seperti Stress, Gangguan Pencernaan, Lemah Syahwat, Sulit Memiliki Keturunan, dan lainnya dapat teratasi.

Mengapa Iridoid mampu melakukan hal tersebut ??

Salah satu jawabannya adalah karena iridoid bekerja memperbaiki, meregenerasikan, dan merejuvinasikan sel-sel tubuh yang telah rusak karena diserang bakteri atau virus yang menyebabkan penyakit.

0 Comments
Komentar

No comments:

Post a Comment